"الإسلام ليس دين عنف والمسلمون أول ضحايا التطرف"
الكاتب : يورن تيلمان، باحث في الدراساتالإسلامية ومدير مركز
الإسلام والقانون في أوروبا بجامعة فريدريك الكسندر في إرلانغن/ نورنبرغ.
Penulis : Joern Tillman, seorang peneliti di
Aldrasatalasalam Yeh dan direktur dari Pusat Islam dan hukum di Eropa Friedrich
Alexander University di Erlangen / Nuremberg.
تتعالى في العالم الإسلامي الأصوات
المنادية بإصلاح مناهج التربية الدينية لمواجهة تنامي التطرف. في حوار مع DW يلقي يورن تيلمان، الباحث في الدراسات الإسلامية بجامعة
إيرلانغن، الضوء على جذور التطرف وقضايا الإصلاح الديني.
Bergema di dunia Muslim suara-suara
yang menyerukan reformasi kurikulum
pendidikan agama untuk memenuhi peningkatan yang ekstrimis. Dalam sebuah wawancara dengan DWyang
menemui Bourne Tillman, Peneliti di Studi Islam Universitas Erlangen. cahaya akar ekstremisme dan isu-isu reformasi agama.
دعا رجل الدين وشيخ الأزهر أحمد محمد
الطيب إلى القيام باصلاح جذري في التعليم الديني. جاء ذلك خلال افتتاح
مؤتمر"الإسلام ومحاربة الإرهاب" الذي احتضنته السعودية في مكة الأسبوع
الماضي، وأوضح شيخ جامعة الأزهر أن سوء فهم القرآن عبر التاريخ "قاد إلى
تفسيرات غير متسامحة للاسلام". ومن جهته اعتبر العاهل السعودي الملك سلمان أن
الإرهاب الجهادي يشكل "تهديداً لجميع المسلمين ولكل العالم". DW أجرت حوارا مع يورن تيلمان، الباحث الألماني في الدراسات
الإسلامية بجامعة إيرلانغن بجنوب ألمانيا:
seorang laki-laki ahli agama telah
mengundang Sheikh Ahmed Mohamed Tayeb Al-Azhar untuk melakukan reformasi
radikal dalam pendidikan agama. Hal ini disampaikan dalam pembukaan "Islam
dan perang melawan terorisme" konferensi yang diselenggarakan oleh Arab
Saudi di Mekkah minggu lalu, kata Sheikh Al-Azhar yang kesalahpahaman dari
Al-Qur'an sepanjang sejarah "menyebabkan interpretasi[2]
toleran terhadap Islam." Sementara itu, kata Raja Arab Saudi Salman bahwa
terorisme jihad adalah "ancaman bagi semua Muslim dan seluruh dunia"
DW melakukan dialog dengan Joern Tillman, peneliti Jerman di Universitas
Erlangen di selatan Jerman Studi Islam.:
DW: هناك انطباع بأن دعوة رجل الدين الشيخ محمد الطيب للقيام
بإصلاحات في المناهج الدينية لمواجهة التطرف جاءت متأخرة. هل فرض
التطرف الجهادي النقاش القائم حاليا بشأن الإصلاح المنشود؟
DW: Ada kesan bahwa panggilan ulama Sheikh Mohammed Tayeb
untuk melaksanakan reformasi dalam
kurikulum agama untuk melawan
ekstremisme datang terlambat.Apakah pengenaan perdebatan ekstremisme
jihad saat ini didasarkan pada reformasi yang diinginkan.?
يورن تيلمان: مصطلح
"الإصلاح" له وقع سلبي لدى السلفيين الراديكاليين، وأيضا لدى كثير من
المسلمين. الأمر يرتبط أيضا بالأنظمة الحاكمة. فالكثير من المواطنين ينطلقون من
مدى ثقتهم بالإسلام في تحديد المسافة بينهم وبين تلك الأنظمة. وفي أسوأ الحالات
فقد تعود الإصلاحات بالسلبية على الأديان، وهو ما يسعى العديد من المسلمين إلى
تجنبه. إضافة إلى ذلك هناك تحفظات بسبب تجارب سابقة تم فيها استغلال الدين. فممثلو
الإسلام، بما فيهم التابعون لجامعة الأزهر، تم تجريدهم من مهامهم في غالب الأحيان
فأصصبحوا محاضرين لدى الدولة. لهذا السبب يراود الكثير من المسلمين الشكوك تجاههم،
يضاف إلى ذلك الفهم المتطرف للإسلام الذي ظهر في شبه الجزيرة العربية والذي يتناقض
مع التقاليد المعتدلة للإسلام.
Joern Tillman: istilah "reformasi"[3]
memiliki dampak negatif terhadap radikal Salafi, dan juga di antara banyak
Muslim. Hal ini juga terkait dengan peraturan yang berkuasa. Banyak orang
melompat dari tingkat kepercayaan mereka dalam Islam untuk menentukan jarak
antara mereka dan sistem-sistemnya. Dalam kasus terburuk, reformasi agama telah
kembali negatif dan banyak umat Islam yang berusaha untuk menghindarinya.
Selain itu, ada reservasi[4] karena pengalaman sebelumnya dimana
eksploitasi[5]
agama. Perwakilan dari Islam, termasuk Afiliasi[6]
dari Universitas Al-Azhar, telah dilucuti dari tugasnya di sering dosen
Vossubhoa di negara ini. Untuk alasan ini banyak Muslim membujuk kecurigaan
terhadap mereka, menambah pemahaman Islam radikal yang muncul di Semenanjung
Arab, yang kontras dengan tradisi Islam moderat.
هذه المخاوف والأفكار جعل النقاش حول
الإصلاح يتحول إلى مجال للمنافسة الشديدة. فالعديد من رجال الدين الذين لا يتوفرون
على مساندة من مؤسساتهم مثل شيخ الأزهر أحمد محمد الطيب، يبدون تحفظات، خوفاً من
هجمات محتملة ، والتي قد تكون قاتلة.
Keprihatinan ini dan ide-ide untuk
membuat perdebatan tentang reformasi berubah menjadi medan persaingan yang
ketat. Banyak ulama yang, tidak memiliki dukungan dari lembaga-lembaga seperti
Sheikh Ahmed Mohamed Tayeb Al-Azhar, tampaknya reservasi, karena takut kemungkinan akan adanya serangan yang berakibat
fatal.
DW: عندما
يتم الحديث عن إصلاحات، يكون الهدف: أولا، إعادة السيطرة على ظاهرة التطرف، وثانياً: دفع الخطاب الديني مرة أخرى باتجاه التسامح. إن هذا المشروع قد يستغرق وقتا طويلا جداً. أليس كذلك؟
DW: Ketika Anda berbicara tentang
datang nya reformasi, anda harus bersikap objektif: pertama, kontrol kembali
dari fenomena ekstremisme, dan kedua:. Membayar wacana keagamaan lagi menuju
toleransi Proyek ini mungkin memakan waktu yang sangat lama. Bukan?
يورن تيلمان: طبعا،
سوف يتطلب وقتاً طويلاً، فالتوجات الأيديولوجية لا تتغير بين عشية وضحاها. فنحن
الألمان نعرف هذا من تجاربنا الخاصىة. فالتغييرات التي طرأت بعد الحقبة النازية
استغرقت عدة عقود. وفي الشرق الأوسط يبدو أن العديد من الفاعلين يفهمون بوضوح مدى
خطورة التطرف الذي ينتشرً، حيث لم تعد لديهم القدرة على السيطرة عليه. والأسوأ من
ذلك هو أن ذلك الفهم الخاطئ للإسلام أصبح الآن موجهاً ضدهم.
Joern Tillman: tentu saja, akan membutuhkan waktu
yang lama, ideologi tidak berubah dalam
semalam. Jerman tahu dari pengalaman properti kami ini. Perubahan yang terjadi
setelah era Nazisme[7] berlangsung selama beberapa dekade.
Di Timur Tengah tampaknya banyak dari para aktor jelas memahami keseriusan
ekstremisme yang menyebar, mereka tidak lagi memiliki kemampuan untuk
mengendalikannya. Lebih buruk lagi adalah bahwa pemahaman begitu salah tentang
Islam yang kini diarahkan terhadap mereka.
تنظيما "الدولة الإسلامية"
والقاعدة ليسا سوى قمة جبل الجليد، وكلاهما يمثلان بوضوح موجات العنف التي لم تنته
بعد. كما أن العديد من الذين تعاطفوا سابقا مع الجهاديين أصيبوا الآن بصدمة بسبب
وحشية وقسوة أولئك الجهاديين. أعمال العنف هذه توجد تقريبا في كل الدول الإسلامية.
مثلا جماعة بوكو حرام في نيجيريا وفي الدول المجاورة لها. كما أن الكثير من
المسلمين يعانون أيضاً من استغلال عقيدتهم من طرف الجهاديين الذين يقومون بأعمال
عنف.
"Negara Islam" telah terorganisir
dan pedoman tidak hanya berada di puncak
gunung es, yang keduanya jelas mewakili gelombang kekerasan yang belum selesai.
Juga, banyak dari mereka yang sebelumnya bersimpati dengan jihadis sekarang
yang terkejut oleh kebrutalan dan
kekejaman jihadis mereka. Aksi-aksi kekerasan yang ada hampir disemua
negara-negara Islam. Misalnya, kelompok Boko Haram di Nigeria dan di
negara-negara tetangga. Juga, banyak Muslim juga menderita eksploitasi iman
mereka dengan jihadis yang mereka lakukan dengan tindakan kekerasan.
DW: يتم تفسير أصل الجهادية بعوامل مختلفة جدا. بعضها يرتبط
بالثقافة السياسية السائدة في المنطقة. أليس كذلك؟.
DW: penjelasan yang sempurna asal jihad dengan faktor yang
sangat berbeda.
sebagian terkait dengan budaya politik yang berlaku di wilayah tersebut.
Bukankah seperti itu?
يورن تيلمان: إن
ذلك يطرح السؤال حول الطريقة التي يريد بها المسلمون تدبير العلاقة بين الدين
والدولة والحياة العامة والخاصة في المستقبل. فمن بين المشاكل قيام مجموعات معينة
بمحاولة فرض تصوراتها للدين وللنظام العام على الآخرين بالقوة. هذا يثير بطبيعة الحال السؤال حول التسامح كقيمة. وكان ذلك من بين
المواضيع التي طُرحت في مؤتمر مكة. وقد نوقش موضوع "التكفير"، أي
استراتيجية اتهام آخرين بأنهم "كفار". في الفهم التقليدي للإسلام، تم
التعامل مع "التكفير" بحذر كبير. ومنذ ثلاثين عاماً، أو بتعبير أدق، منذ
اغتيال الرئيس المصري أنور السادات، ازداد هذا التوجه بشكل قوي...
Joern Tillman: Itu menimbulkan pertanyaan tentang
cara di mana umat Islam ingin menghubungan antara agama dan negara, masyarakat
dan kehidupan pribadi dalam ukuran masa depan. Di antara masalah melakukan
kelompok tertentu mencoba memaksakan persepsi mereka tentang agama dan
ketertiban umum pada orang lain dengan kekerasan. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan toleransi
sebagai suatu nilai .Itu merupakan salah satu topik yang diangkat
di Mekah Conference. “pemikiran” tema yang telah dibahas, Setiap strategi menuduh orang lain menjadi
"kafir". Dalam pemahaman tradisional Islam,
telah ditangani dengan "pemikiran" yang hati-hati. Tiga puluh tahun
yang lalu, atau lebih tepatnya, sejak pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat, orientasi ini telah meningkat kuat
DW: النقاشات تتناول المواقف الرافضة للتطرف والعنف. من أين تنطلق
مثل تلك المواقف التي تسيئ للإسلام ؟
DW: diskusi yang berurusan dengan
penolakan dari ekstrimisme dan situasi kekerasan. darimana untuk memulai situasi
seperti yang menyinggung Islam?
يورن تيلمان: الإسلام
في حد ذاته ليس دين عنف، ولم يكن متعصباً، وهو ما يؤكده وجود أقليات دينية في
الدول الإسلامية حتى يومنا هذا... على مستوى الممارسة العملية، ظهر الإسلام دائماً
كدين تسامح. يضاف إلى ذلك مسألة استخدام المصادر الدينية. فالكثير من المسلمين ليس
لهم معرفة بالدين ويشيرون دائما إلى القرآن، دون معرفة بتاريخ الفكر الإسلامي
وبثقافته وشروحاته.
Joern Tillman: Islam itu sendiri bukan agama
kekerasan, tidak fanatik, yang dikonfirmasi oleh adanya agama minoritas di
negara-negara Islam sampai hari ini ... pada tingkat praktek, selalu muncul
Islam sebagai agama toleransi. Selain itu, penggunaan sumber-sumber agama.
Banyak Muslim tidak memiliki pengetahuan tentang agama dan selalu menunjuk ke
Quran, tanpa mengetahui sejarah pemikiran Islam dan budaya dan komentar atasnya.
والأكثر
من ذلك هو أنهم مقتنعون بقدرتهم على فهم النصوص المعقدة والقديمة، وهم مقتنعون بأن
تفسيرهم للقران الكريم هو الشرح الصحيح. وهذا يمهد الطريق بطبيعة الحال لتفسيرات
تحرض على العنف، حيث يبقى تأثير تقاليد الفهم المعتدل على الهامش. فكل شخص على حدة
يمكنه المزج بين أحكامه المسبقة وتخيلاته العنيفة للنص الديني، وبذلك يصبح
المسلمون أنفسهم أول ضحايا التطرف طبعا.
Apa lagi bahwa mereka yakin dalam kemampuannya untuk
memahami teks-teks yang kompleks dan kuno, dan mereka yakin bahwa interpretasi
mereka dari Al-Quran adalah penjelasan yang benar. Ini Tentu saja membuka jalan
interpretasi menghasut kekerasan, Di mana sisa-sisa memahami dampak dari tradisi batas moderat. Setiap orang secara individual
dapat menggabungkan prasangka agama kekerasan teks dan ilusi, dan sehingga umat
Islam sendiri menjadi korban pertama dari ekstremisme, tentu saja.
[1] Radikalisme,
kecenderungan sikap yang terlampau jauh dank eras dalam menuntut
[2] Tafsiran,prakiraan
[3] Perubahan,pembaharuan
[4]
Pemesanan,pengisolasian kehidupan suatu golongan masyarakat.
[5]
Pemerasan,pengusahaan,pendaya gunaan
[6] Gabungan(kerja sama)
[7] Paham politik
nazi,atau national sozialismus (partai politik fasisdi jerman di pimpin oleh
hitler)
0 komentar:
Posting Komentar