Dzikrulloh Warosulih SAW

BACALAH SELALU DI DALAM HATI ATAU DENGAN LISAN "YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH" UNTUK DZIKIR KEPADA ALLOH WA ROSULIHI SAW

9.11.15

الإسلام ليس دين عنف والمسلمون أول ضحايا التطرف" “Islam Bukanlah Agama Kekerasan, Muslim Adalah Korban Pertama Dari Ekstremisme.”

"الإسلام ليس دين عنف والمسلمون أول ضحايا التطرف"
Islam Bukanlah Agama Kekerasan, Muslim Adalah Korban Pertama Dari Ekstremisme[1].


الكاتب : يورن تيلمان، باحث في الدراساتالإسلامية ومدير مركز الإسلام والقانون في أوروبا بجامعة فريدريك الكسندر في إرلانغن/ نورنبرغ.
Penulis : Joern Tillman, seorang peneliti di Aldrasatalasalam Yeh dan direktur dari Pusat Islam dan hukum di Eropa Friedrich Alexander University di Erlangen / Nuremberg.


تتعالى في العالم الإسلامي الأصوات المنادية بإصلاح مناهج التربية الدينية لمواجهة تنامي التطرف. في حوار مع DW يلقي يورن تيلمان، الباحث في الدراسات الإسلامية بجامعة إيرلانغن، الضوء على جذور التطرف وقضايا الإصلاح الديني.
Bergema di dunia Muslim suara-suara yang menyerukan reformasi kurikulum pendidikan agama untuk memenuhi peningkatan yang  ekstrimis. Dalam sebuah wawancara dengan DWyang menemui Bourne Tillman, Peneliti di Studi Islam Universitas Erlangen. cahaya akar ekstremisme dan isu-isu reformasi agama.


دعا رجل الدين وشيخ الأزهر أحمد محمد الطيب إلى القيام باصلاح جذري في التعليم الديني. جاء ذلك خلال افتتاح مؤتمر"الإسلام ومحاربة الإرهاب" الذي احتضنته السعودية في مكة الأسبوع الماضي، وأوضح شيخ جامعة الأزهر أن سوء فهم القرآن عبر التاريخ "قاد إلى تفسيرات غير متسامحة للاسلام". ومن جهته اعتبر العاهل السعودي الملك سلمان أن الإرهاب الجهادي يشكل "تهديداً لجميع المسلمين ولكل العالم". DW أجرت حوارا مع يورن تيلمان، الباحث الألماني في الدراسات الإسلامية بجامعة إيرلانغن بجنوب ألمانيا:
seorang laki-laki ahli agama telah mengundang Sheikh Ahmed Mohamed Tayeb Al-Azhar untuk melakukan reformasi radikal dalam pendidikan agama. Hal ini disampaikan dalam pembukaan "Islam dan perang melawan terorisme" konferensi yang diselenggarakan oleh Arab Saudi di Mekkah minggu lalu, kata Sheikh Al-Azhar yang kesalahpahaman dari Al-Qur'an sepanjang sejarah "menyebabkan interpretasi[2] toleran terhadap Islam." Sementara itu, kata Raja Arab Saudi Salman bahwa terorisme jihad adalah "ancaman bagi semua Muslim dan seluruh dunia" DW melakukan dialog dengan Joern Tillman, peneliti Jerman di Universitas Erlangen di selatan Jerman Studi Islam.:


DW:    هناك انطباع بأن دعوة رجل الدين الشيخ محمد الطيب للقيام بإصلاحات في المناهج الدينية لمواجهة التطرف جاءت متأخرة. هل فرض التطرف الجهادي النقاش القائم حاليا بشأن الإصلاح المنشود؟
DW: Ada kesan bahwa panggilan ulama Sheikh Mohammed Tayeb untuk melaksanakan reformasi dalam kurikulum agama untuk melawan ekstremisme datang terlambat.Apakah pengenaan perdebatan ekstremisme jihad saat ini didasarkan pada reformasi yang diinginkan.?


يورن تيلمان: مصطلح "الإصلاح" له وقع سلبي لدى السلفيين الراديكاليين، وأيضا لدى كثير من المسلمين. الأمر يرتبط أيضا بالأنظمة الحاكمة. فالكثير من المواطنين ينطلقون من مدى ثقتهم بالإسلام في تحديد المسافة بينهم وبين تلك الأنظمة. وفي أسوأ الحالات فقد تعود الإصلاحات بالسلبية على الأديان، وهو ما يسعى العديد من المسلمين إلى تجنبه. إضافة إلى ذلك هناك تحفظات بسبب تجارب سابقة تم فيها استغلال الدين. فممثلو الإسلام، بما فيهم التابعون لجامعة الأزهر، تم تجريدهم من مهامهم في غالب الأحيان فأصصبحوا محاضرين لدى الدولة. لهذا السبب يراود الكثير من المسلمين الشكوك تجاههم، يضاف إلى ذلك الفهم المتطرف للإسلام الذي ظهر في شبه الجزيرة العربية والذي يتناقض مع التقاليد المعتدلة للإسلام.
Joern Tillman: istilah "reformasi"[3] memiliki dampak negatif terhadap radikal Salafi, dan juga di antara banyak Muslim. Hal ini juga terkait dengan peraturan yang berkuasa. Banyak orang melompat dari tingkat kepercayaan mereka dalam Islam untuk menentukan jarak antara mereka dan sistem-sistemnya. Dalam kasus terburuk, reformasi agama telah kembali negatif dan banyak umat Islam yang berusaha untuk menghindarinya. Selain itu, ada reservasi[4] karena pengalaman sebelumnya dimana eksploitasi[5] agama. Perwakilan dari Islam, termasuk Afiliasi[6] dari Universitas Al-Azhar, telah dilucuti dari tugasnya di sering dosen Vossubhoa di negara ini. Untuk alasan ini banyak Muslim membujuk kecurigaan terhadap mereka, menambah pemahaman Islam radikal yang muncul di Semenanjung Arab, yang kontras dengan tradisi Islam moderat.


هذه المخاوف والأفكار جعل النقاش حول الإصلاح يتحول إلى مجال للمنافسة الشديدة. فالعديد من رجال الدين الذين لا يتوفرون على مساندة من مؤسساتهم مثل شيخ الأزهر أحمد محمد الطيب، يبدون تحفظات، خوفاً من هجمات محتملة ، والتي قد تكون قاتلة.
Keprihatinan ini dan ide-ide untuk membuat perdebatan tentang reformasi berubah menjadi medan persaingan yang ketat. Banyak ulama yang, tidak memiliki dukungan dari lembaga-lembaga seperti Sheikh Ahmed Mohamed Tayeb Al-Azhar, tampaknya reservasi, karena takut kemungkinan akan adanya serangan yang berakibat fatal.


DW: عندما يتم الحديث عن إصلاحات، يكون الهدف: أولا، إعادة السيطرة على ظاهرة التطرف، وثانياً: دفع الخطاب الديني مرة أخرى باتجاه التسامح. إن هذا المشروع قد يستغرق وقتا طويلا جداً. أليس كذلك؟
DW: Ketika Anda berbicara tentang datang nya reformasi, anda harus bersikap objektif: pertama, kontrol kembali dari fenomena ekstremisme, dan kedua:. Membayar wacana keagamaan lagi menuju toleransi Proyek ini mungkin memakan waktu yang sangat lama. Bukan?
يورن تيلمان: طبعا، سوف يتطلب وقتاً طويلاً، فالتوجات الأيديولوجية لا تتغير بين عشية وضحاها. فنحن الألمان نعرف هذا من تجاربنا الخاصىة. فالتغييرات التي طرأت بعد الحقبة النازية استغرقت عدة عقود. وفي الشرق الأوسط يبدو أن العديد من الفاعلين يفهمون بوضوح مدى خطورة التطرف الذي ينتشرً، حيث لم تعد لديهم القدرة على السيطرة عليه. والأسوأ من ذلك هو أن ذلك الفهم الخاطئ للإسلام أصبح الآن موجهاً ضدهم.
Joern Tillman: tentu saja, akan membutuhkan waktu yang lama, ideologi  tidak berubah dalam semalam. Jerman tahu dari pengalaman properti kami ini. Perubahan yang terjadi setelah era Nazisme[7] berlangsung selama beberapa dekade. Di Timur Tengah tampaknya banyak dari para aktor jelas memahami keseriusan ekstremisme yang menyebar, mereka tidak lagi memiliki kemampuan untuk mengendalikannya. Lebih buruk lagi adalah bahwa pemahaman begitu salah tentang Islam yang kini diarahkan terhadap mereka.


تنظيما "الدولة الإسلامية" والقاعدة ليسا سوى قمة جبل الجليد، وكلاهما يمثلان بوضوح موجات العنف التي لم تنته بعد. كما أن العديد من الذين تعاطفوا سابقا مع الجهاديين أصيبوا الآن بصدمة بسبب وحشية وقسوة أولئك الجهاديين. أعمال العنف هذه توجد تقريبا في كل الدول الإسلامية. مثلا جماعة بوكو حرام في نيجيريا وفي الدول المجاورة لها. كما أن الكثير من المسلمين يعانون أيضاً من استغلال عقيدتهم من طرف الجهاديين الذين يقومون بأعمال عنف.
"Negara Islam" telah terorganisir dan pedoman  tidak hanya berada di puncak gunung es, yang keduanya jelas mewakili gelombang kekerasan yang belum selesai. Juga, banyak dari mereka yang sebelumnya bersimpati dengan jihadis sekarang yang  terkejut oleh kebrutalan dan kekejaman jihadis mereka. Aksi-aksi kekerasan yang ada hampir disemua negara-negara Islam. Misalnya, kelompok Boko Haram di Nigeria dan di negara-negara tetangga. Juga, banyak Muslim juga menderita eksploitasi iman mereka dengan jihadis yang mereka lakukan dengan tindakan kekerasan.


DW: يتم تفسير أصل الجهادية بعوامل مختلفة جدا. بعضها يرتبط بالثقافة السياسية السائدة في المنطقة. أليس كذلك؟.
DW: penjelasan yang sempurna asal jihad dengan faktor yang sangat berbeda. sebagian terkait dengan budaya politik yang berlaku di wilayah tersebut. Bukankah seperti itu?


يورن تيلمان: إن ذلك يطرح السؤال حول الطريقة التي يريد بها المسلمون تدبير العلاقة بين الدين والدولة والحياة العامة والخاصة في المستقبل. فمن بين المشاكل قيام مجموعات معينة بمحاولة فرض تصوراتها للدين وللنظام العام على الآخرين بالقوة. هذا يثير بطبيعة الحال السؤال حول التسامح كقيمة. وكان ذلك من بين المواضيع التي طُرحت في مؤتمر مكة. وقد نوقش موضوع "التكفير"، أي استراتيجية اتهام آخرين بأنهم "كفار". في الفهم التقليدي للإسلام، تم التعامل مع "التكفير" بحذر كبير. ومنذ ثلاثين عاماً، أو بتعبير أدق، منذ اغتيال الرئيس المصري أنور السادات، ازداد هذا التوجه بشكل قوي...
Joern Tillman: Itu menimbulkan pertanyaan tentang cara di mana umat Islam ingin menghubungan antara agama dan negara, masyarakat dan kehidupan pribadi dalam ukuran masa depan. Di antara masalah melakukan kelompok tertentu mencoba memaksakan persepsi mereka tentang agama dan ketertiban umum pada orang lain dengan kekerasan. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan toleransi sebagai suatu nilai .Itu merupakan salah satu topik yang diangkat di Mekah Conference. pemikiran” tema yang telah dibahas, Setiap strategi menuduh orang lain menjadi "kafir". Dalam pemahaman tradisional Islam, telah ditangani dengan "pemikiran" yang hati-hati. Tiga puluh tahun yang lalu, atau lebih tepatnya, sejak pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat, orientasi ini telah meningkat kuat

DW: النقاشات تتناول المواقف الرافضة للتطرف والعنف. من أين تنطلق مثل تلك المواقف التي تسيئ للإسلام ؟
DW: diskusi yang berurusan dengan penolakan dari ekstrimisme dan situasi kekerasan. darimana untuk memulai situasi seperti yang menyinggung Islam?


يورن تيلمان: الإسلام في حد ذاته ليس دين عنف، ولم يكن متعصباً، وهو ما يؤكده وجود أقليات دينية في الدول الإسلامية حتى يومنا هذا... على مستوى الممارسة العملية، ظهر الإسلام دائماً كدين تسامح. يضاف إلى ذلك مسألة استخدام المصادر الدينية. فالكثير من المسلمين ليس لهم معرفة بالدين ويشيرون دائما إلى القرآن، دون معرفة بتاريخ الفكر الإسلامي وبثقافته وشروحاته.
Joern Tillman: Islam itu sendiri bukan agama kekerasan, tidak fanatik, yang dikonfirmasi oleh adanya agama minoritas di negara-negara Islam sampai hari ini ... pada tingkat praktek, selalu muncul Islam sebagai agama toleransi. Selain itu, penggunaan sumber-sumber agama. Banyak Muslim tidak memiliki pengetahuan tentang agama dan selalu menunjuk ke Quran, tanpa mengetahui sejarah pemikiran Islam dan budaya dan komentar atasnya.


والأكثر من ذلك هو أنهم مقتنعون بقدرتهم على فهم النصوص المعقدة والقديمة، وهم مقتنعون بأن تفسيرهم للقران الكريم هو الشرح الصحيح. وهذا يمهد الطريق بطبيعة الحال لتفسيرات تحرض على العنف، حيث يبقى تأثير تقاليد الفهم المعتدل على الهامش. فكل شخص على حدة يمكنه المزج بين أحكامه المسبقة وتخيلاته العنيفة للنص الديني، وبذلك يصبح المسلمون أنفسهم أول ضحايا التطرف طبعا.
Apa lagi  bahwa mereka yakin dalam kemampuannya untuk memahami teks-teks yang kompleks dan kuno, dan mereka yakin bahwa interpretasi mereka dari Al-Quran adalah penjelasan yang benar. Ini Tentu saja membuka jalan interpretasi menghasut kekerasan, Di mana sisa-sisa memahami dampak dari tradisi batas moderat. Setiap orang secara individual dapat menggabungkan prasangka agama kekerasan teks dan ilusi, dan sehingga umat Islam sendiri menjadi korban pertama dari ekstremisme, tentu saja.



[1] Radikalisme, kecenderungan sikap yang terlampau jauh dank eras dalam menuntut
[2] Tafsiran,prakiraan
[3] Perubahan,pembaharuan
[4] Pemesanan,pengisolasian kehidupan suatu golongan masyarakat.
[5] Pemerasan,pengusahaan,pendaya gunaan
[6] Gabungan(kerja sama)
[7] Paham politik nazi,atau national sozialismus (partai politik fasisdi jerman di pimpin oleh hitler)

0 komentar:

Posting Komentar