تَعَدِّي
الْفِعْلِ وَلُزُومُهُ
Tanda Fi’il Muta’adi
عَلاَمَةُ
الْفِعْلِ الْمُعَدَّى أَنْ تَصِلْ #هَا غَيْرِ مَصْدَر بِهِ نَحْوُ عَمِلْ
Fiil mutaaddi yaitu fiil yang bisa
bertemu langsung dengan maf’ulna tanpa memakai perantaraan huruf jer.
Contoh: ضرب زيد
عمرا وعَمِلَ زيدٌ خيرا
Dan boleh di katakan fiil waqi’ atau
fiil mujawiz.
Fiil lazim yaitu fiil yang tidak bisa
bertemu dengan maf’ulnya kecuali dengan perantaraan huruf jer atau sama sekali
tidak punya maf’ul.
Contoh: مررت
بزيد وقام زيد
Fiil mutawasit yaitu lafadz kanna wa
akhowatuha
Kemudian alamatnya fiil mutaadi yaitu
suatu fiil yang bisa bertemu ha’ dhomir yang kembali pada selain masdarnya itu
fi’il.
Contoh: الخير
عَمِلَهُ زيد
Apabila fiil tersebut bertemu dengan ha’
dhomir ,tapi kembali pada masdarnya itu fi’il maka bisa muta’adi dan bisa
lazim.
Contoh: الضّرْب
ضربته والقيام َ قُمْتُهُ
فَانْصِبْ
بِهِ مَفْعُولَهُ إِنْ لَمْ يَنُبْ # عَنْ فَاعِلٍ نَحْوُ تَدَبَّرْتُ الْكُتُبْ
Fiil mutaadi itu bisa menasobkan terkib
maf’ulnya bila maf’ul tersebut tidak mengganti terkib fail.
Contoh: تَدَبّرْتُ
الكُتُبَ
Apabila maful tersebut mengganti pada
terkib fail atau menjadi terkib naibul fail maka maf’ul harus dibaca rofa’.
Contoh: تُدُبِّرتِ
الكُتُبُ
وَلاَزِمٌ
غَيْرُ الْمُعَدَّى وَحُتِمْ # لُزُومُ أَفْعَالِ الْسَّجَايَا كَنَهِمْ
Selain
dari fiil mutaaddi berarti fiil lazim (qosir). Adapun fiil lazim adalah arti
dari sifat (watak) atau tabi’at.
Contoh: كَرُمَ ،
جَمُلَ، شَجُعَ
كَذَا
افْعَلَلَّ والْمُضَاهِي اقْعَنْسَسَا # وَمَا اقْتَضَى نَظَافَةً أَوْ دَنَسَا
أَوْ
عَرَضَاً أَوْ طَاوَعَ الْمُعَدَّى # لِوَاحِدٍ كَمَدَّهُ فَامْتَدَّا
Termasuk
fiil lazim yaitu kalimah fiil yang mengikuti wazan
-
اقسعرّ
جلد الرجلِ ، اقعنسس سعر الرجل
افعنلل، افعللّ
-
Fiil yang
menunjukkan arti bersih atau kotor نَظُفَ الثوب
-
Fiil yang
menunjukkan sifat yang baru datang dan tidak selamanya bertempat pada fail.
Contoh: مَرٍضَ زيد ، نشط عمرٌ
-
Fiil yang
mutowaah pada 1 maf’ul.
Faidah
mutowaah ( pekerjaan yang ada bekasnya atau hasil pekerjaanya bisa dilihat oleh
mata) contoh: قطعت الطّباشرة فنقطع ذلك
الطّباشرة
وَعَدَّ
لاَزِمَاً بِحَرْفِ جَرِّ # وَإِنْ حُذِفْ فَالْنَّصْبُ لِلْمُنْجَرِّ
نَقْلاً
وَفِي أَنَّ وَأَنْ يَطَّرِدُ مَعْ #أَمْن لَبْسٍ كَعَجِبْتُ أَنْ يَدُوا
Fiil
lazim itu bisa memutaadikan dengan huruf , ketika huruf jer dibuang maka yang
dibaca jer itu harus dibaca nasob.
Hukum
membuang huruf jer itu simai, kecuali yang dijerkan berupa ان dan
انّ
yang bersamaan dengan shilahnya maka huruf jer boleh di buang dengan
kiyasi jika tidak ada keserupaan.
-
Mutaadi dengan
huruf jer atau karena bersamaan dengan jer
Contoh: مررت برجل
-
Mutaadi karena
di tambahi hamzah
Contoh:
ذهبت برجل =
أذهبت رجل
Pembuangan
huruf jer ada 2 :
a. Kiyasi
( boleh di buang di sembarang atau tidak ada aturan
Contoh:
اجبت أن تخفظ الفية
=> اجبت حفظك الفية
b. Simai
( hanya bisa didengar oleh orang arab saja)
Contoh:
تمرّون با الديار ولم تعوجوا
Menurut
jumhur انحاة pembuangan huruf jer tersebut tidak boleh
diqiyaskan
Menurut
imam al- akhfasha shoghir, abu hasan ali ibnu sulaiman pembuangan tersebut
boleh pada selain انّ dan ان dan boleh diqiyaskan dengan syarat harus tertentu huruf
jernya dan tempatnya.
Apabila
tidak tertentu maka tidak boleh dibuang رغبت الخير ( حدف
فى/ عن ) رغبت فى الخير / رغبت عنِ
الخير
رغبت
فى انّك تساعدونىفى كنس البيت
Sebagian ulama’ memperbolehkan pembuangan
huruf jer ketika sudah jelas.
Contoh:
قطعت بالسِّكِنِ
=> قطعت السِكْنِ
وَالأَصْلُ
سَبْقُ فَاعِلٍ مَعْنًى كَمَنْ # مِنْ أَلْبِسُنْ مَنْ زَارَكُمْ نَسْجَ الْيَمَنْ
Fiil
yang mutaadi pada maf’ul 2 yang tidak terdiri dari mubtada’ khobar ketentuan
asal harus mendahulukan maf’ul fail fil ma’na ( dari fiil yang mempunyai maf’ul
2 )
Contoh:
البسن من زركم نسج اليمن ملبس (لبس رجل من زركم نسج اليمن)
Maf’ul
fail fil ma’na adalah pembuangan terkib fail, maka yang berhak mengganti adalah
terkib maf’ul.
Contoh:
علمت بنتى قراءة القراَن واكتاب
وَيَلْزَمُ
الأَصْلُ لِمُوجِبٍ عَرَا # وَتَرْكُ ذَاكَ الأَصْلِ حَتْمَاً قَدْ يُرَى
Maf’ul
fail fil makna wajib didahulukan jika ada perkara yang mewajibkan:
1. Ketika
maf’ul fail fil makna dan maf’ul fil ma’na iltibas atau terjadi keserupaan
Contoh:
اعطيت خالدا عمرا
2. Ketika
maf’ul fail fil ma’na dimaqsur atau diringkas dengan ila atau maa
Contoh: ما اعطيت تلميذا الا كتبا
3. Ketika
maf’ul fail fil makna berupa dhomir muttasil dan maf’ul fil makna berupa isim
dhohir.
Contoh:
اناّ اعطينك الكوثر
Kadang
– kadang maf’ul fil makna wajib
didahulukan dan maf’ul fail fil makna wajib diakhirkan.
1. Ketika
maf’ul fil makna dimaqsur
Contoh: الا درهماً ما اعطيت التلميذ
2. Maf’ul
fil makna berupa isim dhomir dan maf’ul fail fil makna berupa isim dhohir
Contoh: الرّسلة
اعطيتها التّلميد
3. Maf’ul fail fil makna mempunyai dhomir yang
kembali pada maf’ul fil makna
Contoh: الدّار اسكنت
صحبها
وَحَذْفَ
فَضْلَةٍ أَجِزْ إِنْ لَمْ يَضِرّ # كَحَذْفِ مَا سِيْقَ جَوَابَاً أَوْ حُصِرْ
حل
، تميز، مفعول به) معمول فضلة )
boleh dibuang jika tidak menimbulkan kebingungan maka pembuangan tersebut tidak
diperbolehkan.
Contoh:
Boleh dibuang انّ الله يدعوا الى الاسلم
Tidak boleh dibuangالفية ابن ملك ما حفضت؟
وَيُحْذَفُ
الْنَّاصِبُهَا إِنْ عُلِمَا # وَقَدْ يَكُوْنُ حَذْفُهُ مُلْتَزَمَا
Amil
yang menasobkan معمول فضلة boleh
dibuang apabila :
-
Sudah diketahui.
-
Menjadi jawabnya
istifham.الفية استاد / مذا قرئت؟ ما ذا أحبتظ؟
Wajib dibuang ketika istighol فلْيَحْدَرَ اّلذين يُحَلِفُون عَن أمرِهِ
الْتَّنَازُعُ
فِي الْعَمَل
إِنْ عَامِلاَنِ
اقْتَضَيَا فِي اسْمٍ عَمَلْ # قَبْلُ فَلِلْوَاحِدِ مِنْهُمَا الْعَمَلْ
وَالْثَّانِ أَوْلَى
عِنْدَ أَهْلِ الْبَصْرَهْ # وَاخْتَار عَكْسَاً غَيْرُهُمْ ذَا أسْرَهْ
Tanazuk
menurut bahasa التجاذب adalah tarik menarik. Tanazuk adalah apabila
ada 2 amil yang jatuh sebelum isim ( dhohir atau dhomir, muttasil , munfasil ) dan 2 amil tadi ingin beramal
pada isim maka salah satu amil wajib diamalkan ( dan amil yang 1 mulgoh)
Tanazuk
Minkhatul Malik adalah mendahulukan 2 amil ,mengakhirkan 1 makmul dan tiap amil
yang mendahului tersebut butuh amal pada makmul itu.
Menurut
Ulama’ Basroh adalah amil yang ke2 beramal soalnya dekat dengan makmul.
Contoh: علمت
ونسرت علمى
Menurut Ulam’ kuffah adalah amil yang 1
beramal soalnya yang masuk lebih daulu.
Contoh:
احببت واكرمت ولدى
وَأَعْمِلِ
الْمُهْمَلَ فِي ضَمِيْرِ مَا # تَنَازَعَاهُ وَالْتَزِمْ مَا الْتُزِمَا
كَيُحْسِنَانِ
وَيُسِيء ابْنَاكَا # وَقَدْ بَغَى وَاعْتَدَيَا عَبْدَاكَا
Amil
yang muhmal itu harus diamalkan pada dhomir yang sesuai dengan mutanazu’ minhu
baik dalam mufrod , tasniah, jama’, muanas, mudzakar dan domir tidak wajib
disebutkan.
Ulama’
basroh: ضربتم
تنصر الفقراء
Ulama’
kuffah: وقد بغى
واعتد يا عبدك
وَلاَ
تَجِىء مَعْ أَوَّل قَدْ أُهْمِلاَ # بِمُضْمَرٍ لِغَيْرِ رَفْع أوْهِلاَ
بَلْ
حَذْفَهُ الْزَمْ إِنْ يَكُنْ غَيْرَ خَبَرْ # وَأَخِّرَنْهُ إِنْ يَكُنْ هُوَ
الْخَبَرْ
Tidak
boleh mendatangkan atau mengamalkan domir yang kembali kepada mutanazu’ fih (isim
dohir ) apabila amil yang muhmal itu amil yang awal, kecuali domir mahal rofa’.
Contoh:أكرمت
ونسّر اخوك ، يحسنان ويسئ ابناك
Apabila
tidak berupa khobar asli maka domir tidak harus dibuang.
Contoh: ضربت
وضربنى زيد
Tidak boleh ضربته وضربنى زيد
Jika
dhomir selain rofa’ dan asalnya terdiri dari khobar maka dhomir tidak wajib di
akhirkan
Contoh: ظنّنىى وظننت التلميذا ماهرا اياه
Apabila yang muhmal yang ke2 maka domir
tersebut harus disebutkan.
Contoh:
ضربنى وضربته زيد
وَأَظْهِرِ
انْ يَكُنْ ضَمِيْرٌ خَبَرَا # لِغَيْرِ مَا يُطَابِقُ الْمُفَسِّرَا
نَحْوُ
أَظُنُّ وَيَظُنَّانِي أَخَا # زَيْدَاً وَعَمْرَاً أَخَوَيْنِ فِي الْرَّخَا
Minkhatul
malik Wajib mengganti isim domir yang diamalkan oleh amil muhmal bila dhomir
tersebut asalnya berupa tarkib khobar,domir tersebut diganti dhohir soalnya
ketika diwujudkan berupa domir akan tidak cocok dengan lafadz yang menafsiri.
Guz isim domir yang mahal nasob yang asalnya
berupa khobar , kemudian jika domir tadi disebut maka tidak cocok dengan
mutanazu’ fih ( isim dohir) maka isim domir tadi harus disebut (diganti) berupa
isim dohir.
Contoh: أظنّ و
يضنا ني اخا زيدا وعمرا اخوين أظنّ و يظنا ني اياه زيدا وعمرا
اخوين
0 komentar:
Posting Komentar