Dzikrulloh Warosulih SAW

BACALAH SELALU DI DALAM HATI ATAU DENGAN LISAN "YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH" UNTUK DZIKIR KEPADA ALLOH WA ROSULIHI SAW

7.9.15

FIIL MUTAADI DAN FIIL LAZIM

تَعَدِّي الْفِعْلِ وَلُزُومُهُ
Tanda Fi’il Muta’adi

عَلاَمَةُ الْفِعْلِ الْمُعَدَّى أَنْ تَصِلْ #هَا غَيْرِ مَصْدَر بِهِ نَحْوُ عَمِلْ

Fiil mutaaddi yaitu fiil yang bisa bertemu langsung dengan maf’ulna tanpa memakai perantaraan huruf jer.
Contoh: ضرب زيد عمرا وعَمِلَ زيدٌ خيرا
Dan boleh di katakan fiil waqi’ atau fiil mujawiz.
Fiil lazim yaitu fiil yang tidak bisa bertemu dengan maf’ulnya kecuali dengan perantaraan huruf jer atau sama sekali tidak punya maf’ul.
Contoh: مررت بزيد وقام زيد
Fiil mutawasit yaitu lafadz kanna wa akhowatuha
Kemudian alamatnya fiil mutaadi yaitu suatu fiil yang bisa bertemu ha’ dhomir yang kembali pada selain masdarnya itu fi’il.
Contoh: الخير عَمِلَهُ زيد 
 Apabila fiil tersebut bertemu dengan ha’ dhomir ,tapi kembali pada masdarnya itu fi’il maka bisa muta’adi dan bisa lazim.
Contoh: الضّرْب ضربته والقيام َ قُمْتُهُ 
فَانْصِبْ بِهِ مَفْعُولَهُ إِنْ لَمْ يَنُبْ # عَنْ فَاعِلٍ نَحْوُ تَدَبَّرْتُ الْكُتُبْ

Fiil mutaadi itu bisa menasobkan terkib maf’ulnya bila maf’ul tersebut tidak mengganti terkib fail.
Contoh: تَدَبّرْتُ الكُتُبَ 
Apabila maful tersebut mengganti pada terkib fail atau menjadi terkib naibul fail maka maf’ul harus dibaca rofa’.
Contoh: تُدُبِّرتِ الكُتُبُ  
وَلاَزِمٌ غَيْرُ الْمُعَدَّى وَحُتِمْ # لُزُومُ أَفْعَالِ الْسَّجَايَا كَنَهِمْ

Selain dari fiil mutaaddi berarti fiil lazim (qosir). Adapun fiil lazim adalah arti dari sifat (watak) atau tabi’at.
 Contoh: كَرُمَ ، جَمُلَ، شَجُعَ 



كَذَا افْعَلَلَّ والْمُضَاهِي اقْعَنْسَسَا # وَمَا اقْتَضَى نَظَافَةً أَوْ دَنَسَا
أَوْ عَرَضَاً أَوْ طَاوَعَ الْمُعَدَّى # لِوَاحِدٍ كَمَدَّهُ فَامْتَدَّا

Termasuk fiil lazim yaitu kalimah fiil yang mengikuti wazan
-          اقسعرّ جلد الرجلِ  ، اقعنسس سعر الرجل                                                       افعنلل، افعللّ
-          Fiil yang menunjukkan arti bersih atau kotor نَظُفَ الثوب  
-          Fiil yang menunjukkan sifat yang baru datang dan tidak selamanya bertempat pada fail. Contoh: مَرٍضَ زيد ، نشط عمرٌ 
-          Fiil yang mutowaah pada 1 maf’ul.
Faidah mutowaah ( pekerjaan yang ada bekasnya atau hasil pekerjaanya bisa dilihat oleh mata) contoh:   قطعت الطّباشرة فنقطع ذلك الطّباشرة

وَعَدَّ لاَزِمَاً بِحَرْفِ جَرِّ # وَإِنْ حُذِفْ فَالْنَّصْبُ لِلْمُنْجَرِّ

نَقْلاً وَفِي أَنَّ وَأَنْ يَطَّرِدُ مَعْ #أَمْن لَبْسٍ كَعَجِبْتُ أَنْ يَدُوا

Fiil lazim itu bisa memutaadikan dengan huruf , ketika huruf jer dibuang maka yang dibaca    jer itu harus dibaca nasob.
Hukum membuang huruf jer itu simai, kecuali yang dijerkan berupa   ان       dan     انّ     yang bersamaan dengan shilahnya maka huruf jer boleh di buang dengan kiyasi jika tidak ada keserupaan.
-          Mutaadi dengan huruf jer atau karena bersamaan dengan jer
Contoh: مررت برجل 
-          Mutaadi karena di tambahi hamzah
Contoh: ذهبت برجل =   أذهبت رجل
Pembuangan huruf jer ada 2 :
a.       Kiyasi ( boleh di buang di sembarang atau tidak ada aturan
Contoh: اجبت أن تخفظ الفية  =>  اجبت حفظك الفية
b.      Simai ( hanya bisa didengar oleh orang arab saja)
Contoh: تمرّون با الديار ولم تعوجوا  
Menurut jumhur  انحاة    pembuangan huruf jer tersebut tidak boleh diqiyaskan
Menurut imam al- akhfasha shoghir, abu hasan ali ibnu sulaiman pembuangan tersebut boleh pada selain انّ  dan ان dan boleh diqiyaskan dengan syarat harus tertentu huruf jernya dan tempatnya.
Apabila tidak tertentu maka tidak boleh dibuang رغبت الخير ( حدف فى/ عن )                                                                    رغبت فى الخير / رغبت عنِ الخير                                                                       
رغبت فى انّك تساعدونىفى كنس البيت                                                                    
 Sebagian ulama’ memperbolehkan pembuangan huruf jer ketika sudah jelas.
Contoh: قطعت بالسِّكِنِ  => قطعت السِكْنِ

وَالأَصْلُ سَبْقُ فَاعِلٍ مَعْنًى كَمَنْ # مِنْ أَلْبِسُنْ مَنْ زَارَكُمْ نَسْجَ الْيَمَنْ

Fiil yang mutaadi pada maf’ul 2 yang tidak terdiri dari mubtada’ khobar ketentuan asal harus mendahulukan maf’ul fail fil ma’na ( dari fiil yang mempunyai maf’ul 2 )
Contoh: البسن من زركم نسج اليمن  ملبس (لبس رجل من زركم نسج اليمن) 

Maf’ul fail fil ma’na adalah pembuangan terkib fail, maka yang berhak mengganti adalah terkib maf’ul.
Contoh: علمت بنتى قراءة القراَن واكتاب

وَيَلْزَمُ الأَصْلُ لِمُوجِبٍ عَرَا # وَتَرْكُ ذَاكَ الأَصْلِ حَتْمَاً قَدْ يُرَى

Maf’ul fail fil makna wajib didahulukan jika ada perkara yang mewajibkan:
1.      Ketika maf’ul fail fil makna dan maf’ul fil ma’na iltibas atau terjadi keserupaan
Contoh: اعطيت خالدا عمرا
2.      Ketika maf’ul fail fil ma’na dimaqsur atau diringkas dengan  ila atau maa
Contoh: ما اعطيت تلميذا الا كتبا 
3.      Ketika maf’ul fail fil makna berupa dhomir muttasil dan maf’ul fil makna berupa isim dhohir.
Contoh: اناّ اعطينك الكوثر
Kadang – kadang  maf’ul fil makna wajib didahulukan dan maf’ul fail fil makna wajib diakhirkan.
1.      Ketika maf’ul fil makna dimaqsur
     Contoh: الا درهماً   ما اعطيت التلميذ
2.      Maf’ul fil makna berupa isim dhomir dan maf’ul fail fil makna berupa isim dhohir
     Contoh: الرّسلة اعطيتها التّلميد
3.    Maf’ul fail fil makna mempunyai dhomir yang kembali pada maf’ul fil makna
    Contoh: الدّار اسكنت صحبها 

وَحَذْفَ فَضْلَةٍ أَجِزْ إِنْ لَمْ يَضِرّ # كَحَذْفِ مَا سِيْقَ جَوَابَاً أَوْ حُصِرْ

حل ، تميز، مفعول به) معمول فضلة  ) boleh dibuang jika tidak menimbulkan kebingungan maka pembuangan tersebut tidak diperbolehkan.
Contoh: Boleh dibuang    انّ الله يدعوا الى الاسلم
               Tidak boleh dibuangالفية ابن ملك   ما حفضت؟

وَيُحْذَفُ الْنَّاصِبُهَا إِنْ عُلِمَا # وَقَدْ يَكُوْنُ حَذْفُهُ مُلْتَزَمَا

Amil yang menasobkan معمول فضلة boleh dibuang apabila :
-          Sudah diketahui.
-          Menjadi jawabnya istifham.الفية  استاد / مذا قرئت؟ ما ذا أحبتظ؟ 
     Wajib dibuang ketika istighol فلْيَحْدَرَ اّلذين يُحَلِفُون عَن أمرِهِ   


الْتَّنَازُعُ فِي الْعَمَل  

إِنْ عَامِلاَنِ اقْتَضَيَا فِي اسْمٍ عَمَلْ # قَبْلُ فَلِلْوَاحِدِ مِنْهُمَا الْعَمَلْ

وَالْثَّانِ أَوْلَى عِنْدَ أَهْلِ الْبَصْرَهْ # وَاخْتَار عَكْسَاً غَيْرُهُمْ ذَا أسْرَهْ

Tanazuk menurut bahasa التجاذب  adalah tarik menarik. Tanazuk adalah apabila ada 2 amil yang jatuh sebelum isim ( dhohir atau dhomir, muttasil ,    munfasil ) dan 2 amil tadi ingin beramal pada isim maka salah satu amil wajib diamalkan ( dan amil yang 1 mulgoh)
Tanazuk Minkhatul Malik adalah mendahulukan 2 amil ,mengakhirkan 1 makmul dan tiap amil yang mendahului tersebut butuh amal pada makmul itu.
Menurut Ulama’ Basroh adalah amil yang ke2 beramal soalnya dekat dengan makmul.
             Contoh: علمت ونسرت علمى
 Menurut Ulam’ kuffah adalah amil yang 1 beramal soalnya yang masuk lebih daulu.
             Contoh: احببت واكرمت ولدى 

وَأَعْمِلِ الْمُهْمَلَ فِي ضَمِيْرِ مَا # تَنَازَعَاهُ وَالْتَزِمْ مَا الْتُزِمَا

كَيُحْسِنَانِ وَيُسِيء ابْنَاكَا # وَقَدْ بَغَى وَاعْتَدَيَا عَبْدَاكَا

Amil yang muhmal itu harus diamalkan pada dhomir yang sesuai dengan mutanazu’ minhu baik dalam mufrod , tasniah, jama’, muanas, mudzakar dan domir tidak wajib disebutkan.
Ulama’ basroh:  ضربتم تنصر الفقراء
Ulama’ kuffah:  وقد بغى واعتد يا عبدك

وَلاَ تَجِىء مَعْ أَوَّل قَدْ أُهْمِلاَ # بِمُضْمَرٍ لِغَيْرِ رَفْع أوْهِلاَ

بَلْ حَذْفَهُ الْزَمْ إِنْ يَكُنْ غَيْرَ خَبَرْ # وَأَخِّرَنْهُ إِنْ يَكُنْ هُوَ الْخَبَرْ

Tidak boleh mendatangkan atau mengamalkan domir yang kembali kepada mutanazu’ fih (isim dohir ) apabila amil yang muhmal itu amil yang awal, kecuali domir mahal rofa’.
     Contoh:أكرمت ونسّر اخوك  ، يحسنان ويسئ ابناك 
Apabila tidak berupa khobar asli maka domir tidak harus dibuang.
     Contoh: ضربت وضربنى زيد 
                  Tidak boleh    ضربته وضربنى زيد  
Jika dhomir selain rofa’ dan asalnya terdiri dari khobar maka dhomir tidak wajib di akhirkan
      Contoh:   ظنّنىى وظننت التلميذا ماهرا اياه
 Apabila yang muhmal yang ke2 maka domir tersebut harus disebutkan.
      Contoh: ضربنى وضربته زيد   


وَأَظْهِرِ انْ يَكُنْ ضَمِيْرٌ خَبَرَا # لِغَيْرِ مَا يُطَابِقُ الْمُفَسِّرَا

نَحْوُ أَظُنُّ وَيَظُنَّانِي أَخَا # زَيْدَاً  وَعَمْرَاً أَخَوَيْنِ فِي الْرَّخَا

Minkhatul malik Wajib mengganti isim domir yang diamalkan oleh amil muhmal bila dhomir tersebut asalnya berupa tarkib khobar,domir tersebut diganti dhohir soalnya ketika diwujudkan berupa domir akan tidak cocok dengan lafadz yang menafsiri.
 Guz isim domir yang mahal nasob yang asalnya berupa khobar , kemudian jika domir tadi disebut maka tidak cocok dengan mutanazu’ fih ( isim dohir) maka isim domir tadi harus disebut (diganti) berupa isim dohir.
    Contoh: أظنّ و يضنا ني اخا  زيدا وعمرا اخوين                            أظنّ و يظنا ني اياه زيدا وعمرا اخوين            

                                       

0 komentar:

Posting Komentar