Dzikrulloh Warosulih SAW

BACALAH SELALU DI DALAM HATI ATAU DENGAN LISAN "YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH" UNTUK DZIKIR KEPADA ALLOH WA ROSULIHI SAW

7.9.15

ILMU NAHWU : BAB ADAD


الْعَدَد

ثَلاَثَةً بِالْتَّاءِ قُلْ لِلْعَشَرَهْ # فِي عَدِّ مَا احَادُهُ مُذَكّرَهْ
فِي الْضِّدِّ جَرِّدْ وَالْمُمَيِّزَ اجْرُر # جَمْعَاً بِلَفْظِ قِلَّةٍ فِي الأَكْثَرِ
Adad 3 – 10 itu harus disertai ta’ apabila mufrad dari ma’dudnya itu mudzakar, adapun selain mudzakar ( muanats ) maka adad tersebut disepikan dari ta’ dan untuk ma’dudnya harus berupa jama’ dnegan lafadz jama’ qilah.
Contoh : ثلاثة كتب  (disertai dengan ta’)
اربع جمل   (sepi dari ta’)
Wazan jama’ qilah :   افعلة, افعل, فعلة, افعال

وَمِائَةً وَالأَلْفَ لِلْفَرْدِ أَضِفْ # وَمِائَةٌ بِالْجَمْعِ نَزْرَاً قَدْ رُدِفْ
Adad 100 dan 1000 itu harus di mudhofkan kepada ma’dud yang berupa isim mufrad , akan tetapi untuk adad 100 terkadang dimudhofkan pada ma’dud berupa jama’ .
Contoh : الف سنة  mudhof pada ma’dud isim mufrad)
ثلا ثمائة سنين ( mudhof pada ma’dud jama’)

وَأَحَدَ اذْكُرْ وَصِلَنْهُ بِعَشَرْ # مُرَكِّبَاً قَاصِدَ مَعْدُوْدٍ ذَكَر
وَقُلْ لَدَى الْتَّأْنِيْثِ إِحْدَى عَشْرَهْ # وَالْشِّيْنُ فِيْهَا عَنْ تَمِيْمٍ كَسْرَه
Adad murokab yang menunjukan bilangan 11 jika menghitung ma’dud mudzakar maka keduanya harus disunyikan dari ta’ , tetapi jika ma’dudnya muanats maka keduanya harus diberi tanda muanats. Adapun سين lafadz عشرة boleh di fathah , kasroh dan sukun.
Contoh :  احد عشر كتاب ( ma’dud mudzakar)
  احدى عشرة مدرسة (ma’dud muanats)
Untuk ma’dudnya tidak dimudhofkan tetapi dijadikan tamyiz untuk صدر & عجز harus dimabnikan fathah meskipun menjadi fail , mubtada’ dll.

وَمَعَ غَيْرِ أَحَدٍ وَإِحْدَى # مَعْهُمَا فَعَلْتَ فَافْعَلْ قَصْدَا
وَلِثَلاَثَةٍ وَتِسْعَةٍ وَمَا # بَيْنَهُمَا إِنْ رُكِّبَا مَا قُدِّمَا
Lafadz عشر yang bersamaan selain lafadz اَحَدَ & ِاحْدَى  itu hukumnya disamakan dengan ma’dudnya dan adapun adad 3 – 9 yang brsamaan dengan lafadz عشر itu hukumnya sama dengan adad mudhof.  Adad mudhof itu  jika ma’dudnya muanast maka adadnya mudzakar sedangkan jika ma’dud mudzakar maka adadnya muanats.
Contoh : ثلاث عشرة امراة

وَأَوْلِ عَشْرَةَ اثْنَتَيْ وَعَشَرَا # إِثْنَيْ إِذَا أُثْنَى تَشَا أَوْ ذَكَرا
وَالْيَا لِغيْرِ الْرَّفْعِ وَارْفَعْ بِالأَلِفْ # وَالْفَتْحُ فِي جُزأَي سِوَاهُمَا ألِفْ
Adad murokab jika adad yang pertama berupa اثنتى/ اثنى maka adad yang kedua harus di sesuaikan dengan adad yang pertama . adapun i’robnya  اثنتى/ اثنى sama dengan i’robnya isim tasniyah (rofa’ dengan alif dan nasob dengan jer), dan selain adad 12 itu kedua juznya dimabnikan فتح
Contoh : استريت اثنى عشر كتابا و اثنتى عشرة قرسة

وَمَيِّزِ الْعِشْرِيْنَ لِلْتِّسْعِيْنَا # بِوَاحِدٍ كَأَرْبَعِيْنَ حِيْنَا
Adad mufrad yang berupa تسعين – عشرون itu ma’dudnya dijadikan tamyiz berupa isim mufrod dan dibaca nasob. Contoh : مكثت فى هذ المعهد اربعين حينا / اربعون حينا

وَمَيَّزُوَا مُرَكَّبَاً بِمِثْلِ مَا # مُيِّزَ عِشْرُوْنَ فَسَوِّيَنْهُمَا
Ma’dudnya adad murokab dari 20 ke atas juga berupa isim mufrod nakiroh yang di baca nasob menjadi tamyiz .

وَإِنْ أُضِيْفَ عَدَدٌ مُرَكَّبُ # يَبْقَ الْبِنَا وَعَجُزٌ قَدْ يُعْرَبُ
Jika adad murokab itu dimudhofkan pada selain ma’dudnya, maka adad murokab dihukumi mabni fath, akan tetapi terkadang dihukumi mu’rob.

وَصُغْ مِنِ اثْنَيْنِ فَمَا فَوْقُ إِلَى # عَشَرَةٍ كَفَاعِلٍ مِنْ فَعَلاَ
وَاخْتِمْهُ فِي الْتَّأْنِيْثِ بِالْتَّا وَمَتَى # ذَكَّرْتَ فَاذْكُرْ فَاعِلاً بِغَيْرِ تَا
Adad 2 – 10 diperbolehkan mengikuti wazan فاعل apabila menunjukan arti sifat atau tingkatan dan adapun untuk ma’dud yang muanats maka adad tersebut bersamaan ta’ dan jika mudzakar tidak bersamaan dengan ta’.
Contoh : الفصل الرابع
السنة الثالثة  (adad tingkat umumnya ma’dudnya dijadikan man’ut)

وَإِنْ تُرِدْ بَعْضَ الَّذِي مِنْهُ بُنِي # تُضِفْ إِلَيْهِ مِثْلَ بَعْضٍ بَيِّنِ
وَإِنْ تُرِدْ جَعْلَ الأَقَلِّ مِثْلَ مَا # فَوْقُ فَحُكْمَ جَاعِلٍ لَهُ احْكُمَا
Jika adad yang mengikuti wazan فاعل digunakan bersama dengan adad aslinya dan dikehendaki untuk menunjukan arti bahwa adad yang mengikuti wazan  فاعلtermasuk bagian dari adad yang asli maka isim adad yang mengikuti wazan فاعل  diidhofahkan pada adad yang aslinya sebagaimana di idhofahkannya  جز  kepada كل .
Contoh :       لقد كفر الذين قالواان الله ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ
dan jika ia digunakan beserta isim adad yang ada di bawahnya dari isim adad aslinya yang berma’na sedikit maka isim adad yang mengikuti wazan فاعل  boleh di idhofahkan dan boleh menasobkan.

وَإِنْ أَرَدْتْ مِثْلَ ثَانِي اثْنَيْنِ # مُرَكَّباً فجِيءَ بِتَركِيبَتَينِ
أَو فَاعلاً بِحالَتيهِ أَضِف # إِلى مُرَكَّبٍ بِمَا تَنْوِي يَفِي
وَشَاعَ الاسْتِغْنَا بِحَادِي عَشَرَا # وَنَحْوِهِ وَقَبْلَ عِشْرِيْنَ اذْكُرَا
وَبَابِهِ الْفَاعِلَ مِنْ لَفْظِ الْعَدَدْ # بِحَالَتَيْهِ قَبْلَ وَاوٍ يُعْتَمَد
Apabila menginginkan adad murokab dihukumi ma’na sebagian maka ada 3 wajah :
  1. Adad murokab tingkatan itu dimudhofkan pada adad murokab biasa.
Contoh :
  1. Adad murokab tingkatan yang membuang عجز (bag.akhir) itu dimudhofkan pada adad murokab biasa. Contoh :
  2. Adad murokab tingkatan yang membuang عجز nya itu di mudhofkan pada murokab biasa yang membuang صدر nya. Dan adapun lafadz  حادىdan adad tigkatan lainnya itu boleh jatuh sebelum adad ma’qut dengan di atafkan wawu ataf.
Contoh :
  
كَمْ وَكَأَيِّنْ وَكَذَا

مَيِّزْ فِي الاسْتِفْهَامِ كَمْ بِمِثْلِ مَا # مَيَّزْتَ عِشْرِيْنَ كَكَمْ شَخْصَاً سَمَا
وَأَجِزَانْ تَجُرَّهُ مِنْ مُضْمَرَا # وَلِيَتْ كَمْ حَرْفَ جَرَ مُظْهَرَا
كَم yang digunakan sebagai اسم استفهام itu memiliki tamyiz yang sama seperti tamyiz adad mudhof akan tetapi juga diperbolehkan dijarkannya tamyiz oleh huruf jar من yang tersimpan, apabila كَم didahului huruf jer. Kalam insya’ adalah kalimat yang belum diketahui tentang kebenaran dan kebohongannya, kalam khobar adalah kalam yang sudah diketahu kebenarannya. Contoh :        كم ربية اشتريتها        
  بكم ربية اشتريت هذ الكتاب ؟

وَاسْتَعْمِلَنْهَا مُخْبِرَاً كَعَشَرَهْ # أَوْ مِائَةٍ كَكَمْ رِجَال أَوْ مَرَهْ
كم خبريه yang digunakan untuk memberikan suatu berita tamyiznya sebagaimana tamyiznya عشرة / tamyiznya مائة boleh dari mufrad majrur atau jama’ majrur.
Contoh : كم عالم لقيته فهو لم يعمل بعلمه ( mufrad majrur )
كم علوم جهلث ولكنك لم ثسع في تعلمها ( jama’ majrur )

كَكَمْ كَأَيِّنْ وَكَذَا وَيَنْتَصِبْ # تَمِيِيْزُ ذَيْنِ أَو بِهِ صِلْ مِنْ تُصِبْ
Lafadzاي  dan كَذ bisa diberlakukan sebagai كم خبريه untuk menunjukan arti taktsir dan tamyiznya boleh dari isim nakiroh yang dibaca nasob atau dibaca jer.
Contoh : اين رَجُلٍ لقيته

الْحِكَايَةُ

اِحْكِ بِأَيَ مَا لِمَنْكُورٍ سُئِلْ # عَنْهُ بِهَا فِي الْوَقْف أَوْ حِيْنَ تَصِلْ
Membuat حِكَايَةُ dengan lafadz اي itu disamakan dengan lafadz yang dipertanyakan , yang berupa isim nakiroh baik dalam tingkah waqof maupun wasol.
Contoh : جا ئت اِمْرَاَةٌ اَيَةٌ
جاء رجل ائ

وَوَقْفَاً احْكِ مَا لِمَنْكُورٍ بِمَنْ #  وَالْنُّوْنَ حَرِّكْ مُطْلَقَاً وَأَشْبِعَنْ
Adapun membuat hikayah dengan مِن pada tingkah waqof maka ن dari من itu di harakati secara mutlaq dan dibaca panjang.
Contoh : رايت رجلا منا

وَقُلْ مَنَانِ وَمَنَيْنِ بَعَدَ لِي # إلْفَانِ بِابْنَيْنِ وَسَكِّنْ تَعْدِلْ
Apabila hikayah dengan مَن untuk isim nakiroh yang tasniyah mudzakar maka مَن menjadi
 مَنَيْن/ منان dan disukun huruf akhirnya.
Contoh : جاء استذ منو
ضربت استاذا منا
مررت بااستذ منى

وَقُلْ لِمَنْ قَالَ أَتَتْ بِنْتٌ مَنَهُ # وَالْنُّوْنُ قَبْلَ تَا الْمُثَنَّى مُسْكَنَهْ
وَالْفَتْحُ نَزْرٌ وَصِلِ الْتَّا وَالأَلِفْ # بِمَنْ بِإِثْرِ ذَا بِنِسْوَةٍ كَلِفْ
Apabila isim nakiroh berupa mufrad muanast maka مِن di tambahi ta’ ta’nist yang disukun dan untuk isim nakiroh yang berupa tasniyah muanast maka ن sebelum ta' ta'nist itu dibaca sukun. Akan tetapi terkadang boleh dibaca fathah adapun untuk isim nakiroh yang berupa jama’ muanast maka مِن ditambahi alif dan ta’.   
Contoh : اتت بنت منة
اتت امراتين منتان

وَقُلْ مَنُوْن وَمَنِيْنَ مُسْكِنَاً # إِنْ قِيْلَ جَا قَوْمٌ لِقَوْمٍ فُطَنَا
Lafadz مَنُوْن dan مَنِيْن yang dibaca sukun akhirnya itu untuk isim nakiroh jama’ mudzakar.
Contoh : جاء مسلمون منون

وَإِنْ تَصِلْ فَلَفْظُ مَنْ لاَ يَخْتَلِفْ # وَنَادِرٌ مَنُوْن فِي نَظْمٍ عُرِفْ
حِكَايَة dengan lafadz مِن dalam tingkah washal maka مِن nya tidak boleh dirubah – rubah akan tetapi terkadang diperbolehkan lafadz مَنُوْن pada nadzom. Khusus dalam syi’ir.


وَالْعَلَمَ احْكِيَنَّهُ مِنْ بَعْدِ مَنْ # إِنْ عَرِيَتْ مِنْ عَاطِفٍ بِهَا اقْتَرَنْ
Lafadz مِن jika digunakan untuk menghikayahi mas'ut anhu isim ma'rifat yang boleh dihikayahi hanya berupa isim alam maka ia tidak boleh jatuh setelah huruf athaf.
Contoh :  محمد؟  علمنى القران محمد, من

Mas’ut anhu adalah sesuatu yang ditanyakan.

0 komentar:

Posting Komentar