الْعَدَد
ثَلاَثَةً
بِالْتَّاءِ قُلْ لِلْعَشَرَهْ # فِي عَدِّ مَا احَادُهُ مُذَكّرَهْ
فِي الْضِّدِّ جَرِّدْ وَالْمُمَيِّزَ اجْرُر # جَمْعَاً بِلَفْظِ قِلَّةٍ فِي الأَكْثَرِ
فِي الْضِّدِّ جَرِّدْ وَالْمُمَيِّزَ اجْرُر # جَمْعَاً بِلَفْظِ قِلَّةٍ فِي الأَكْثَرِ
Adad 3 – 10 itu harus disertai ta’
apabila mufrad dari ma’dudnya itu mudzakar, adapun selain mudzakar ( muanats )
maka adad tersebut disepikan dari ta’ dan untuk ma’dudnya harus berupa jama’
dnegan lafadz jama’ qilah.
Contoh : ثلاثة
كتب (disertai dengan ta’)
اربع
جمل (sepi dari ta’)
Wazan jama’ qilah : افعلة, افعل, فعلة, افعال
وَمِائَةً
وَالأَلْفَ لِلْفَرْدِ أَضِفْ # وَمِائَةٌ بِالْجَمْعِ نَزْرَاً قَدْ رُدِفْ
Adad 100 dan 1000 itu harus di mudhofkan
kepada ma’dud yang berupa isim mufrad , akan tetapi untuk adad 100 terkadang
dimudhofkan pada ma’dud berupa jama’ .
Contoh : الف
سنة mudhof pada
ma’dud isim mufrad)
ثلا
ثمائة سنين ( mudhof pada ma’dud jama’)
وَأَحَدَ اذْكُرْ وَصِلَنْهُ بِعَشَرْ # مُرَكِّبَاً قَاصِدَ مَعْدُوْدٍ ذَكَر
وَقُلْ لَدَى الْتَّأْنِيْثِ إِحْدَى عَشْرَهْ # وَالْشِّيْنُ فِيْهَا عَنْ تَمِيْمٍ كَسْرَه
Adad
murokab yang menunjukan bilangan 11 jika menghitung ma’dud mudzakar maka
keduanya harus disunyikan dari ta’ , tetapi jika ma’dudnya muanats maka
keduanya harus diberi tanda muanats. Adapun سين lafadz عشرة
boleh di fathah , kasroh dan sukun.
Contoh : احد عشر كتاب ( ma’dud mudzakar)
احدى عشرة مدرسة (ma’dud muanats)
Untuk ma’dudnya tidak dimudhofkan tetapi
dijadikan tamyiz untuk صدر & عجز
harus dimabnikan fathah meskipun menjadi fail , mubtada’ dll.
وَمَعَ غَيْرِ أَحَدٍ وَإِحْدَى # مَعْهُمَا فَعَلْتَ فَافْعَلْ قَصْدَا
وَلِثَلاَثَةٍ وَتِسْعَةٍ وَمَا # بَيْنَهُمَا إِنْ رُكِّبَا مَا قُدِّمَا
Lafadz عشر
yang bersamaan selain lafadz اَحَدَ & ِاحْدَى itu hukumnya disamakan dengan ma’dudnya dan
adapun adad 3 – 9 yang brsamaan dengan lafadz عشر
itu hukumnya sama dengan adad mudhof.
Adad mudhof itu jika ma’dudnya
muanast maka adadnya mudzakar sedangkan jika ma’dud mudzakar maka adadnya
muanats.
Contoh
: ثلاث عشرة امراة
وَأَوْلِ عَشْرَةَ اثْنَتَيْ وَعَشَرَا # إِثْنَيْ إِذَا أُثْنَى تَشَا أَوْ ذَكَرا
وَالْيَا لِغيْرِ الْرَّفْعِ وَارْفَعْ بِالأَلِفْ # وَالْفَتْحُ فِي جُزأَي سِوَاهُمَا ألِفْ
Adad murokab jika adad yang pertama
berupa اثنتى/ اثنى maka adad yang kedua
harus di sesuaikan dengan adad yang pertama . adapun i’robnya اثنتى/ اثنى
sama dengan i’robnya isim tasniyah (rofa’ dengan alif dan nasob dengan jer),
dan selain adad 12 itu kedua juznya dimabnikan فتح
Contoh
: استريت اثنى عشر كتابا و اثنتى عشرة قرسة
وَمَيِّزِ الْعِشْرِيْنَ لِلْتِّسْعِيْنَا # بِوَاحِدٍ كَأَرْبَعِيْنَ حِيْنَا
Adad mufrad yang berupa تسعين – عشرون itu ma’dudnya
dijadikan tamyiz berupa isim mufrod dan dibaca nasob. Contoh : مكثت فى هذ المعهد اربعين حينا / اربعون حينا
وَمَيَّزُوَا مُرَكَّبَاً بِمِثْلِ مَا # مُيِّزَ عِشْرُوْنَ فَسَوِّيَنْهُمَا
Ma’dudnya adad murokab dari 20 ke atas
juga berupa isim mufrod nakiroh yang di baca nasob menjadi tamyiz .
وَإِنْ أُضِيْفَ عَدَدٌ مُرَكَّبُ # يَبْقَ الْبِنَا وَعَجُزٌ قَدْ يُعْرَبُ
Jika adad murokab itu dimudhofkan pada
selain ma’dudnya, maka adad murokab dihukumi mabni fath, akan tetapi
terkadang dihukumi mu’rob.
وَصُغْ مِنِ اثْنَيْنِ فَمَا فَوْقُ إِلَى # عَشَرَةٍ كَفَاعِلٍ مِنْ فَعَلاَ
وَاخْتِمْهُ فِي الْتَّأْنِيْثِ بِالْتَّا وَمَتَى # ذَكَّرْتَ فَاذْكُرْ فَاعِلاً بِغَيْرِ تَا
Adad 2 – 10 diperbolehkan mengikuti
wazan فاعل apabila menunjukan arti sifat atau tingkatan
dan adapun untuk ma’dud yang muanats maka adad tersebut bersamaan ta’ dan jika
mudzakar tidak bersamaan dengan ta’.
Contoh : الفصل
الرابع
السنة
الثالثة (adad
tingkat umumnya ma’dudnya dijadikan man’ut)
وَإِنْ تُرِدْ بَعْضَ الَّذِي مِنْهُ بُنِي # تُضِفْ إِلَيْهِ مِثْلَ بَعْضٍ بَيِّنِ
وَإِنْ تُرِدْ جَعْلَ الأَقَلِّ مِثْلَ مَا # فَوْقُ فَحُكْمَ جَاعِلٍ لَهُ احْكُمَا
Jika adad yang mengikuti wazan فاعل digunakan bersama dengan adad aslinya dan
dikehendaki untuk menunjukan arti bahwa adad yang mengikuti wazan فاعلtermasuk
bagian dari adad yang asli maka isim adad yang mengikuti wazan فاعل
diidhofahkan pada adad yang aslinya sebagaimana di idhofahkannya جز kepada كل
.
Contoh : لقد
كفر الذين قالواان الله ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ
dan jika ia digunakan beserta isim adad
yang ada di bawahnya dari isim adad aslinya yang berma’na sedikit maka isim
adad yang mengikuti wazan فاعل boleh di idhofahkan dan boleh menasobkan.
وَإِنْ أَرَدْتْ مِثْلَ ثَانِي اثْنَيْنِ # مُرَكَّباً فجِيءَ بِتَركِيبَتَينِ
أَو فَاعلاً بِحالَتيهِ أَضِف # إِلى مُرَكَّبٍ بِمَا تَنْوِي يَفِي
وَشَاعَ الاسْتِغْنَا بِحَادِي عَشَرَا # وَنَحْوِهِ وَقَبْلَ عِشْرِيْنَ اذْكُرَا
وَبَابِهِ الْفَاعِلَ مِنْ لَفْظِ الْعَدَدْ # بِحَالَتَيْهِ قَبْلَ وَاوٍ يُعْتَمَد
Apabila menginginkan adad murokab dihukumi
ma’na sebagian maka ada 3 wajah :
- Adad
murokab tingkatan itu dimudhofkan pada adad murokab biasa.
Contoh
:
- Adad
murokab tingkatan yang membuang عجز
(bag.akhir) itu dimudhofkan pada adad murokab biasa. Contoh :
- Adad
murokab tingkatan yang membuang عجز nya itu di mudhofkan pada murokab biasa yang
membuang صدر nya. Dan adapun
lafadz حادىdan adad tigkatan lainnya itu
boleh jatuh sebelum adad ma’qut dengan di atafkan wawu ataf.
Contoh
:
كَمْ
وَكَأَيِّنْ وَكَذَا
مَيِّزْ فِي
الاسْتِفْهَامِ كَمْ بِمِثْلِ مَا # مَيَّزْتَ عِشْرِيْنَ كَكَمْ شَخْصَاً سَمَا
وَأَجِزَانْ تَجُرَّهُ مِنْ مُضْمَرَا # وَلِيَتْ كَمْ حَرْفَ جَرَ مُظْهَرَا
وَأَجِزَانْ تَجُرَّهُ مِنْ مُضْمَرَا # وَلِيَتْ كَمْ حَرْفَ جَرَ مُظْهَرَا
كَم yang digunakan sebagai اسم استفهام itu memiliki tamyiz yang sama seperti
tamyiz adad mudhof akan tetapi juga diperbolehkan dijarkannya tamyiz oleh huruf
jar من yang tersimpan, apabila كَم didahului
huruf jer. Kalam insya’ adalah kalimat yang belum diketahui tentang kebenaran
dan kebohongannya, kalam khobar adalah kalam yang sudah diketahu kebenarannya.
Contoh :
كم ربية اشتريتها
بكم ربية اشتريت هذ الكتاب ؟
وَاسْتَعْمِلَنْهَا مُخْبِرَاً كَعَشَرَهْ # أَوْ مِائَةٍ كَكَمْ رِجَال أَوْ مَرَهْ
كم خبريه
yang digunakan untuk memberikan suatu berita tamyiznya sebagaimana tamyiznya
عشرة / tamyiznya مائة boleh dari mufrad majrur atau jama’ majrur.
Contoh : كم
عالم لقيته فهو لم يعمل بعلمه ( mufrad majrur )
كم
علوم جهلث ولكنك لم ثسع في تعلمها ( jama’ majrur )
كَكَمْ كَأَيِّنْ وَكَذَا وَيَنْتَصِبْ # تَمِيِيْزُ ذَيْنِ أَو بِهِ صِلْ مِنْ تُصِبْ
Lafadzاي dan كَذ bisa diberlakukan sebagai كم خبريه untuk
menunjukan arti taktsir dan tamyiznya boleh dari isim nakiroh yang dibaca nasob
atau dibaca jer.
Contoh : اين رَجُلٍ
لقيته
الْحِكَايَةُ
اِحْكِ بِأَيَ
مَا لِمَنْكُورٍ سُئِلْ # عَنْهُ بِهَا فِي الْوَقْف أَوْ حِيْنَ تَصِلْ
Membuat حِكَايَةُ dengan lafadz اي itu disamakan dengan lafadz yang dipertanyakan ,
yang berupa isim nakiroh baik dalam tingkah waqof maupun wasol.
Contoh : جا ئت
اِمْرَاَةٌ اَيَةٌ
جاء
رجل ائ
وَوَقْفَاً احْكِ مَا لِمَنْكُورٍ بِمَنْ # وَالْنُّوْنَ حَرِّكْ مُطْلَقَاً وَأَشْبِعَنْ
Adapun membuat hikayah dengan مِن pada tingkah waqof maka ن dari من itu di harakati
secara mutlaq dan dibaca panjang.
Contoh : رايت
رجلا منا
وَقُلْ مَنَانِ وَمَنَيْنِ بَعَدَ لِي # إلْفَانِ بِابْنَيْنِ وَسَكِّنْ تَعْدِلْ
Apabila hikayah dengan مَن untuk isim nakiroh yang tasniyah mudzakar
maka مَن menjadi
مَنَيْن/ منان dan
disukun huruf akhirnya.
Contoh
: جاء استذ منو
ضربت
استاذا منا
مررت
بااستذ منى
وَقُلْ لِمَنْ قَالَ أَتَتْ بِنْتٌ مَنَهُ # وَالْنُّوْنُ قَبْلَ تَا الْمُثَنَّى مُسْكَنَهْ
وَالْفَتْحُ نَزْرٌ وَصِلِ الْتَّا وَالأَلِفْ # بِمَنْ بِإِثْرِ ذَا بِنِسْوَةٍ كَلِفْ
Apabila isim nakiroh berupa mufrad
muanast maka مِن di tambahi ta’
ta’nist yang disukun dan untuk isim nakiroh yang berupa tasniyah muanast maka ن sebelum ta' ta'nist itu dibaca sukun. Akan
tetapi terkadang boleh dibaca fathah adapun untuk isim nakiroh yang berupa
jama’ muanast maka مِن ditambahi alif dan
ta’.
Contoh : اتت
بنت منة
اتت
امراتين منتان
وَقُلْ مَنُوْن وَمَنِيْنَ مُسْكِنَاً # إِنْ قِيْلَ جَا قَوْمٌ لِقَوْمٍ فُطَنَا
Lafadz مَنُوْن
dan مَنِيْن yang dibaca sukun akhirnya itu untuk isim
nakiroh jama’ mudzakar.
Contoh : جاء
مسلمون منون
وَإِنْ تَصِلْ فَلَفْظُ مَنْ لاَ يَخْتَلِفْ # وَنَادِرٌ مَنُوْن فِي نَظْمٍ عُرِفْ
حِكَايَة dengan lafadz مِن
dalam tingkah washal maka مِن nya tidak boleh
dirubah – rubah akan tetapi terkadang diperbolehkan lafadz مَنُوْن pada nadzom. Khusus dalam syi’ir.
وَالْعَلَمَ احْكِيَنَّهُ مِنْ بَعْدِ مَنْ # إِنْ عَرِيَتْ مِنْ عَاطِفٍ بِهَا اقْتَرَنْ
Lafadz مِن
jika digunakan untuk menghikayahi mas'ut anhu isim ma'rifat yang boleh
dihikayahi hanya berupa isim alam maka ia tidak boleh jatuh setelah huruf
athaf.
Contoh : محمد؟ علمنى القران محمد, من
Mas’ut anhu adalah sesuatu yang
ditanyakan.
0 komentar:
Posting Komentar