Dzikrulloh Warosulih SAW

BACALAH SELALU DI DALAM HATI ATAU DENGAN LISAN "YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH" UNTUK DZIKIR KEPADA ALLOH WA ROSULIHI SAW

7.9.15

ILMU NAHWU BAB : TARKHIM

التّرخيم
تَرْخِيْمَا إِحْذِفْ اخِرَالْمُنَادى # كَيَا سُعَا فِيْمَنْ دَعَا سُعَادَا
Buanglah huruf akhirnya munada apabila membuat munada murokhom, seperti:
سُعَادَ= ياسُعَا, مُحَمَّدٌ= يَامُحَمُّ
وَجَوِّزَنْهُ مُطْلَقًا فِى كُلِّ مَا # اُنِّثَ بِالْهَا وَالَّذِىْ قَدْ رُخِّمَا
بِحَذْفِهَا وَفِّرْهُ بَعْدُ وَاحْظُلاَ # تَرْخِيْمَ مَا مِنْ هذِهِ الْهَا قَدْ خَلاَ
اِلاَّ الرُّبَاعِىَّ فَمَا فَوْقَ الْعَلَمْ # دُوْنَ اِضَافَةٍ وَاِسْنَدٍ مُتَمّْ
Munada dari isim muannas yang akhinya berupa هاء تاء نيث secara mutlaq bisa dijadikan munada tarokhum dan didalam munada tarokhum setelah membuang هاء تاء نيث maka tidak boleh membuang huruf lain lagi. seperti :
عائشة= ياعائشُ, ياخاتجة= ياخاتجُ
Adapun isim muannas yang akhirnya tidak berupa هاء تاء نيث jika ingin dijadikan munada tarokhum, maka harus memenuhi beberapa syarat:
1.     Nama tersebut terdiri dari empat huruf ke atas
2.     Nama tersebut terdiri dari isim alam
3.     Nama tersebut tidak dari tarkib isnadhi dan idhafi
وَمَعَ الاخِرِ احْذِفِ الّذِىْ تَلاَ # اِنْ زِيْدَ لَيْنًا سَاكِنًا مُكَمِّلاَ
اَرْبَعَةً فَصَاعِدًا ولْخُلْفُ فِىْ # وَاوٍ وَيَاءٍ بِهِمَا فَتْحٌ قُفِىْ
Kalimah yang dijadikan munada murokhum, jika huruf sebelum akhir berupa huruf zaidah yaitu huruf lain yang mati, dan berada pada huruf nomer 4 ke atas, selain membuang huruf akhir juga membuang huruf lain. Dan adapun واو daياء  mati, yang jatuh setelah fathah. Pada ulama’ nahwu terjadi perbedaan pendapat. عثمان= يا عُثْمُ  
وَالْعَجُزَاحْذِفْ مِنْ مُرَكَّبِ وَقَلّْ # تَرْخِيْمُ جُمْلَةٍ وَذَا عَمْرٌى نَقَلْ
Isim alam yang manqul (pindah-pindahan) dari murokab tarkib majzi yang dijadikan munada مرخم  maka juz atau bagian yang ke-2 harus dibuang.
Sedangkan manqul dari murokab isnadhi (جملة الفعلية/جملة الإسمية ) juznya tidak bias dibuang, maka hukumnya jarang atau sedikit. قال سبويه))
وَاِنْ نَوَيْتَ بَعْدَ حَذْفٍ مَا حُذِفْ # فَالْبَاقِىَ اسْتَعْمِلْ بِمَا فِيْهِ اُلِفْ
وَاجْعَلْهُ اِنْ لَمْ تَنْوِ مَحْذُوْفًا كَمَا # لَوْكَانَ بِالاخَرِ وَضْمًا تُمِّمَا
فَقُلْ عَلَى اْلاَوَّلِ فِىْ ثَمُوْدَيَا # ثَمُوْوَمَيَا ثَمِىْ عَلَى الثَّانِىْ بِيَا
Dalam segi membaca munada tarokhum ada 2 wajah menurut para ulama’ ahli nahwu:
1.     Menakdirkan huruf yang dibuang, jadi huruf akhir dari sisa lafadz yang ada ditetapkan menurut ahli dalam keadaan berharokat atau disukun. Maka dinamakan lughotمن ينتظر الحرف المحذوف
فاطمة= يافاطمَ
2.     Tanpa menakdirkan huruf yang dibuang, jadi huruf akhir dari sisa lafadz yang ada diberlakukan seperti lafadz lengkap seolah-olah tidak ada pembuagan. Dinamakan lughot من لا ينتظر الحرف المحذوف
يافاطمة= يافاطِمُ

وَالْتَزِمِ اْلاَوَّلَ فِىْ كَمُسْلِمَةْ # وَجَوِّزِ الْوَجْهَيْنِ فِىْ كَمَسْلَمَةْ
1.     Isim yang akhirnya berupa ta’ ta’nis sebagai pembeda antara mudzakar atau muannas. Jika dijadikan munadaمرخم  maka harus dibaca lughotمن ينتظر الحرف المحذوف. مثل= يامسلمُ= يامسلمَ
 jika tidak untuk pembeda boleh 2 wajah. Contoh :
يامُسلِمةُ= يامسلمُ=يامسلمَ

وَلاِضْطِرَارٍ رَخَّمُوْا دُوْنَ نِدَا # مَالِلنِّدَا يَصْلُحُ نَحْوُ اَحْمَدَا
Kadang-kadang isim yang bukan menjadi munada مرخمitu boleh dibuang huruf akhirnya dalam keadaan darurat.


الإختصاص
اَلْاِخْتِصَاصُ كَنِدَاءٍ دُوْنَ يَا # كَاَيُّهَا الْفَتى بِاِثْرِارْجُوْنِيَا
وَقَدْ يُرى ذَادُوْنَ اَىٍّ تِلْوَاَلْ # كَمِثْلِ نَحْنُ الْعُرْبَ اسْخى مَنْ بَذَلَ
إختصاص yaitu meringkas atau mengkhususkan suatu hukum yang disandarkan pada isim dhomir yang dikhususkan pada isim dhohir ma’rifat yang jatuh setelahnya yang dinamakan oleh kalimah isim yang dibuang.
إختصاصitu dalam segi lafadz seperti munada, tetapi berbeda dalam 3 aspek:
1.     إحتصاص itu tanpa huruf nida’
2.     Didahului suatu isim dhomir mutakallim atau mukhotob yang disandarkan pada isim dhohir
3.     Disandarkan pada isim ma’rifat selain isim isyaroh dan paling banyak أيَّتُهَا/أيها yang disifati pada isim ma’rifat yang diberi ال
أرجونى أيّها الفتى

التحذير ولإغراء
اِيَّاكَ وَالشَّرَّ وَنَحْوَهُ نَصَبْ # مُحَذِّرٌ بِمَا اسْتِتَارُهُ وَجَبْ
وَدُوْنَ عَطْفٍ ذَاِلاِيَّا انْسُبْ وَمَا # سِوَاهُ سَتْرُ فِعْلِه لَنْ يَلْزَمَا
اِلاَّ مَعَ الْعَطْفِ ل اَوِ التَّكْرَارِ # كَالضَّيْغَمَ الضَّيْغَمَ يَاذَا السَّارِىْ
تحذير secara bahasa yaitu menakut-nakuti, sedangkan secara istilah yaitu memberi peringatan kepada mukhotob bahwa akan terjadi sesuatu yang tidak disenangi.
Jika tarkib تحذير menggunakan lafadz  إيّكdan cabangannya, maka fi’il yang menasobkannya wajib dibuang, baik diathofkan atau tidak, baik diulang-ulang atau tidak.
Jika menggunakan selain lafadz إيّاك maka boleh dibuang, dan boleh tidak dibuang dan ketika tidak diathofi dan tidak dibuang. Dan tidak boleh dibuang ketika diathofi dan diulang-ulang.
وَشَذَّ اِيَّا ىَ وَاِيَّاهُ اَشَذّْ # وَعَنْ سَبِيْلِ القَصْدِ مَنْ قَاسَ النْتَبَذْ
Jika tarkib تحذير menggunakan إياي maka hukumnya menyimpang dari qorinah تحذير dan lebih menyimpang lagi jika menggunakan lafadz إياه
وَكَمُذَّرٍ بِلاَ اِيَّا اجْعَلاَ # مُغْرًى بِهِ فِى كُلِّ مَا قَدْ فُصِّلاَ
Tarkib إغراء itu sebagaimana tarkib تخذير yaitu fi’il yang menasobkan boleh dibuang dan boleh tidak, ketika tidak diathofi dan tidak diulang-ulang.
Dan tidak boleh dibuang ketika diathofi dan dibuang hanya perbedaannya, untuk tarkibإغراء  tidak menggunakanإياك  atau cabang-cabangannya.                     إغراء yaitu dorongan untuk melakukan kebaikan, biasanya menggunakan lafadz أُطْلُبِ , إِلْزَمْ , إِفْعَلْ

اسماء الافعال والاضوات
مَانَابَ عَنْ فِعْلٍ كَشَتَّأنَ وَصَهْ # هُوَاسْمُ فِعْلٍ وَكَذَا اَوَهْ وَمَهْ
وَمَا بِمَعْنَى افْعَلْ كَآمِنَ كَثُرْ # وَغَيْرُهُ كَوَىْ وَهَيْهَاتَ نَزُرْ
Isim fi’il yaitu isim yang berfungsi sebagai pengganti fi’il, dalam pengamalannya tidak bisa dipengaruhi oleh amil (bisa mengamalkan tetapi tidak bisa diamalkan), bisa mengganti arti dan pengamalannya.
Isim fi’il madhi (menunjukkan arti lampau), isim fi’il mudhori’ dan isim fi’il amar صَهْ (أسكت)= عن عند الكلام, صَهٍ (أسكت)= عن جميع الكلام
هيهات (بَعُدَ) العاتِقُ عن الجنَّةِ

وَالْفِعْلُ مِنْ اَسْمَائِه عَلَيْكَا # وّهكَذَا دُوْنَكَ مَعْ اِلَيْكَا
كَذَا رُوَيْدَ بَلْهَ نَاصِبَيْنِ # وَيَعْمَلاَنِ الْخَفْضَ مَصْدَرَيْنِ
Bentuk-bentuk isim fi’il ada kalanya:
1.     Isim fi;il manqul yaitu pindah-pindahan, baik dari masdar atau dhorof atau jer majrur إِلْزَمْ= عليك بسكفة
2.     Isim fi’il murtajal yaitu isim fi’il yang tiba-tiba ada
هيهات (بَعُدَ), صَهْ (أُسْكُتْ), بله (أُتْرُكْ), رويد (أمهله)
Sebagaimana lafadz untuk lafadz دويك,رويد dan عليك jika lafadz yang jatuh setelahnya dibaca jer maka بله dan رويد  berlaku sebagai masdar. Jika lafadz yang jatuh setelahnya dibaca nasob maka بله dan رويد berlaku sebagai kalimah fi’il.
Jika kita ingin membuat sendiri isim fi’il maka kita bisa membuatnya dengan mengikuti wazan فعال yang bimakna أمر (perintah).أُكتب= كتاب , أنصر= نصار

وَمَالِمَا تَنُوْبُ عَنْهُ مِنْ عَمَلْ # لَهَا وَاَخِّرْ مَا لِذِىْ فِيْهِ الْعَمَلْ
Isim fi’il akan beramal sebagaimana fi’ilnya, jika yang diamalkan merofa’kan fail, maka ia hanya merofa’kan fail. هيهات(بَعُدَ) الكذب عن الحقّ
Jika yang diamalkan menasobkan maf’ul bih, maka ia hanya menasobkan maf’ul bihnya saja هاكَ(خُذْ) الكتاب فى الرُّوفُوقْ
وَاحْكُمْ بِتَنْكِيْرِ الَّذِىْ يُنَوَّنُ # مِنْهَا وَتَعْرِفُ سِوَاهُ بَيِّنُ
Isim fi’il jika ditanwin maka menunjukkan arti nakiroh وَهًا, أُفٍ, فَهٍ jika tidak ditanwin maka menunjukkan arti ma’rifat.
وَمَابِه خُوْطِبَ مَالاَيَعْقِلُ # مِنْ مُشْبِهِ اسْمِ الْفِعْلِ صَوْتًا يُجْعَلُ
كَذّا الَّذِىْ اَجْدى حِكَايَةً كَقَبْ # وَالْزَمْ بِنَا نَوْعَيْنِ فَهْوَ قَدْ وَجَبْ
أفعال الصوتyaitu isim yang digunakan untuk mengkhitobi (memberitahu) sesuatu, yang sesuatu tersebut tidak berakal, dan memberitahu kepada anak kecil atau untuk menirukan suara yang didengar.
Biasanya أفعال الصوت menggunakan lafadzعَدَس,كَخْ,بِخْ  yang kesemuanya itu dihukumi mabni.

1 komentar: